Dikbud NTB Gairahkan Permainan Tradisional

Melalui Siswa SMA, SMK & SLB

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB melalui Bidang Kebudayaan, kini menggairahkan kembali permainan tradisional. Hal itu dilakukan dalam bentuk kegiatan Pentas Permainan Tradisional Rakyat di seluruh kabupaten dan kota se-NTB, dengan melibatkan siswa SMA. Untuk Kabupaten Dompu, persiapan kegiatan perdananya dilakukan di SMAN 1 Dompu, Selasa (28/7) sore. Puncaknya Rabu (29/7). Sejumlah permainan tradisional ditampilkan oleh peserta didik SMAN 1 Dompu. Permainan-permainan asyik itu, antara lain, Mpa’a Tapa Gala, Mpa’a Geo dan lainnya. Hadir saat itu, Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud NTB Fairuz Abadi dan Kabid Pembinaan SMA H. Muhammad Fauzan, S.Ag, M.Pd, serta Kepala Cabang Dinas Dikbud Dompu Gunawan, S.Pd, M.Pd dan sejumlah kepala SMA di Dompu.

Gubernur NTB Panen Tanaman Hidroponik

SMKN 1 Kuripan Kembangkan Pertanian Terpadu

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Kuripan Kabupaten Lombok Barat, mengembangkan Sistem Pertanian Terpadu. Merupakan sistem yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan dan ilmu lain yang terkait dengan pertanian dalam satu lahan, sehingga meningkatkan produktivitas pertanian, peternakan dan lahan. Pola Sistem Pertanian Terpadu yang diterapkan oleh SMKN 1 Kuripan ini, mampu meningkatkan memproduksi hasil kebun dengan pengembangan tanaman hydroponic juga berupa sayur-sayur seperti cabe, terong, dan tomat. Termasuk dalam peningkatan ayam petelur untuk dipasarkan dan pemanfaatan pupuk dari limbah peternakan ayam.

Uji Keterbacaan Di Ruang Terbuka

Mematuhi Protokol Pencegahan Pandemi Covid-19

Sore Kamis (9/4) halaman rumput Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB dipenuhi kursi yang berjajar rapi. Jarak kursi yang satu dengan lainnya lebih satu meter. Kepala Dinas menggelar rapat uji keterbacaan bersama perwakilan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah se Pulau Lombok yang membidangi kurikulum. Lebih dari 30 orang peserta rapat menggunakan masker sesuai protokol pencegahan Pandemi Covid-19.

Kemdikbud Gelar Anugerah Kebudayaan 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Pembinaan Tenaga & Lembaga Kebudayaan pada Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menggelar Anugerah Budaya Tahun 2020 dengan memberikan penghargaan kepada perorangan, komunitas dan lembaga yang dinilai berdedikasi, berkontribusi dan berjasa dalam pelestarian kebudayaan di Indonesia. Adapun kategori penghargaan tersebut dapat diunduh melalui laman dibawah ini
[Anugerah Kebudayaan Tahun 2020]


Ach. Fairuzz Abadi, SH
NIP. 196501121987031009
T.T.L : Pagutan Lobar, 1965-01-12
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Pria
Status : Menikah

Lihat Laporan LHKPN

Jabatan Sebelumnya :
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfotik Provinsi NTB