Kelas Inspirasi

Dengan tujuan menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional dan mengenalkan tentang cikal bakal wirausahawan muda, SMKN 1 Woha kembali melaksanakan kelas Inspirasi untuk siswa-siswinya, Selasa (25/5).

Kelas Inspirasi kali ini mengambil tema Start Small Dream Big (Memulai dari yang kecil demi menggampai mimpi yang besar) dengan pemateri wirausahawan muda Mentari Fikria, Owner Aisy, yang juga juara 1 wirausaha muda tingkat Kota Bima dan finalis lomba wirausaha muda tingkat NTB tahun 2020.

Pada kelas inspirasi yang merupakan bagian dari program pengembangan kapasitas diri (capacity building) SMKN 1 Woha, Owner Aisy Mentari Fikria menjelaskan, untuk memulai menjadi wirausaha bukanlah pekerjaan yang mudah dan berproses dengan lancar. Tapi banyak pengorbanan, ketabahan dan kesabaran yang harus dilalui untuk berhasil. Selain itu, juga perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama dari orang tua. "Saya sebelum memulai usaha, minta restu dari orang tua dulu," terangnya.

Mentari mengatakan, anggapan yang menyatakan bahwa dengan mendapatkan IPK (indeks prestasi kumulatif) yang tinggi waktu kuliah akan mempermudah mendapatkan pekerjaan, adalah penilaian yang salah. Lanjut Mentari, memang ada perusahaan yang menetapkan IPK yang tinggi sebagai syarat untuk melamar pekerjaan dan syarat IPK tertentu untuk menjadi PNS, tapi untuk menjadi wirausaha yang memulai dari kecil, nilai tidak terlalu penting. "Dulu waktu kuliah saya tidak memikirkan bagaimana nilai saya karena itu hanya sebatas di atas kertas. Tetapi, yang saya lakukan ketika kuliah adalah mencari link atau jaringan dan relasi sebanyak mungkin," Teganya, seraya menambahkan bahwa dirinya bisa menjadi Owner Aisy juga berkat jaringan bisnis yang dimilikinya.

Diakhir kelasnya, wirausahawati yang tampil energik dan bersahaja tersebut mengatakan usaha yang dijalaninya sekarang tetap bertahan dari persaingan dengan kompetitor lainnya karena pelayanan yang maksimal. "Usaha saya bisa bertahan karena pelayanan yang cepat dan kualitas produk yang selalu dijaga, " pungkasnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Woha, Fathur Rahma ST mengatakan bahwa kegiatan kelas inspirasi ini merupakan program kerja sekolah untuk menumbuhkan kreatifitas dan inspirasi siswa dalam belajar. Kelas inspirasi juga dilakukan untuk memberikan semangat, kesiapan mental dan skill kemampuan siswa untuk siap diterjunkan di lingkungan masyarakat. "Dengan menghadirkan narasumber pemuda/pemudi yang mempunyai skil kemampuan yang mumpuni dan menginspirasi. Kita siapkan siswa untuk menjadi SDM terbaik,” harapnya.