The Power of 4P” Program Gebrakan Dikbud NTB

Guna mendukung demi terwujudnya NTB yang sehat dan cerdas, NTB aman dan berkah serta sejahtera sesuai amanah RPJMD 2018-2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat berkomitmen penuh dalam mewujudkan visi dan misi NTB Gemilang periode 2018-2023.

Amanah yangn diberikan melalui misi tersebut dijadikan pedoman dalam meningkatkan mutu pendidikan di Nusa Tenggara Barat. Salah satu upaya menuju misi tersebut adalah melalui Program “4P’ yaitu Profil, Penampilan, Pelayanan dan Prestasi.

Program “The Power of 4P” gebrakkan Dikbud NTB dibawah Kepemimpinan H Aidy Furqan ini nampaknya masih kurang diketahui masyarakat NTB. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bersama-sama mengetahui lebih jelas apa itu 4P yang dimaksud.

“The Power of 4P” merupakan strategi yang dikembangkan Dinas Dikbud NTB sejak H Aidy Furqan mulai menjabat sebagai Kepala Dinas Dikbud NTB sekitar awal tahun 2020. Dia menjelaskan soal Profil. Profil sekolah merupakan cerminan ketekunan dan ketelitian sekolah yang dinilai secara langsung oleh pemerintah dan masyarakat.

Dimana komponen profil antara lain akurasi data guru dan tata usaha, akurasi kompetensi, akurasi data siswa, akurasi data sarpras, dan lainnya. “Profil sekolah menjadi satu bagian penting dalam penetapan program, peningkatan citra profesional yang dapat memberi rasa kepercayaan diri yang tinggi untuk bersain,” kata Aidy kepada NUSRAMEDIA, Rabu pagi (13/1) tadi di Mataram.

Terkait Penampilan, diungkapkan Aidy, penampilan sekolah merupakan cerminan citra diri sekolah yang dinilai secara langsung oleh masyarakat dan orang tua.

“Penampilan menjadi suatu bagian penting dalam pembentukan dan peningkatan citra profesional yang dapat memberi rasa kepercayaan diri yang tinggi bagi seluruh warga sekolah,” jelasnya.

Sementara terkait Pelayanan, Aidy menyampaikan bahwa sekolah adalah lembaga sosial yang memiliki fungsi pelayanan terhadap warga sekolah, orang tua, dan masyarakat. Sebagai upaya sekolah melalui optimalisasi dari tugas dan fungsinya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.

“Mengenai Prestasi, prestasi merupakan hasil suatu kecakapan atau hasil kongkrit dari warga sekolah, baik prestasi siswa, pendidikan dan tenaga kependidikan dalam bidang akademik dan non akkademik yang dapat dijadikan motivasi dan promosi sekolah,” demikian Kadis Dikbud NTB.

Sumber ( Nusramedia , 14/01/2021)