Ratusan Guru di NTB Antusias Mengikuti Lomba Penulisan Artikel

Lomba penulisan artikel ilmiah populer tinggat Provinsi NTB yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB bekerja sama dengan Radar Lombok dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2021 disambut antusis oleh guru di semua jenjang pendidikan. Lomba artikel ilmiah populer ini terbuka untuk guru di semua jenjang pendidikan, baik negeri maupun swasta termasuk madrasah. Mulai dari jenjang TK/RA, hingga SMA/MA dan SMK serta SLB negeri dan swasta di NTB.

Panita Lomba Artikel Ilmiah Populer Tingkar Provinsi NTB, Lukman Hakim mengaku tidak menyangka antusiasi guru di NTB mengikuti lomba penulisan artikel ilmiah populer cukup tinggi. Terbukti jumlah artikel yang diterima redaksi Radar Lombok mencapai ratusan.
 
“Pengiriman artikel dimulai 15 Maret hingga 15 April dan jumlah guru yang ikut dalam lomba ini luar biasa banyaknya,” beber Lukman Hakim, Jumat (16/4).

Dikatakannya, lomba penulisan artikel ilmiah populer tingkat Provinsi NTB tahun 2021 ini merupakan lomba yang kedua kali dilaksanakan kerja sama Dikbud NTB dan Koran Harian Umum Radar Lombok pada tahun 2016 silam dengan jumlah peserta juga hingga ratusan artikel. Adapun pengriman artikel lomba diterima oleh panitia, melalui email dan juga hard copy ditujukan ke kantor Radar Lombok.

“Cukup banyak juga peserta yang mengirimkan berkasnya. Setelah kita rekap semuanya sampai Jumat sore sudah 192 peserta,” sebutnya.

Lomba penulisan artikel ilmiah populer tinggat Provins NTB ini mengusung tema “Merdeka Mengajar Di Masa Pendemi” dengan sub tema Inovasi Guru dalam Pembelajaran di Masa Pandemi, Strategi Mengajar dalam Menyiapkan Siswa Abad 21, Praktek Baik Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Maret sampai 15 April 2021. Kemudian pada tanggal 19 April sampai 24 April akan dilakukan penilian oleh tim juri dari kalangan akademisi, kantor Bahasa NTB, Dikbud NTB dan Tim juri dari Perwakilan Radar Lombok. “

Menurut Lukman, kegiatan lomba penulisan artikel kerja sama Dikbud NTB bersama Radar Lombok ini sebagai salah satu bentuk perhatian kepada guru dengan memberikan media atau tempat menyampaikan gagasan dan ide serta inovasi mereka dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dituangkan dalam sebuah karya tulis artikel populer. Nantinya karya artikel guru yang masuk 10 besar tersebut akan dinilai oleh dewan juri profesional di bidangnya yang telah ditunjuk oleh Kepala Dinas Dikbud NTB Dr H Aidy Furqan.

Dari jumlah peserta yang telah mengirimkan berkas artikel karya tulisnya merupakan guru dari semua jenjang pendidikan, baik negeri maupun swasta. Mulai dari  TK, SD, MI SMP, MTs, SMA, MA dan SMK serta SLB.

“Nanti akan dipilih 10 orang peserta yang akan dipanggil untuk mempresentasikan karyanya dihadapan juri pada tanggal 2-3 Mei 2021. Dan dari 10 peserta akan dipilih lima orang menjadi peserta terbaik,” terangnya.

Untuk sementara, tulisan-tulisan yang dikirim oleh semua peserta cukup bagus semua. Namun nantinya akan dilihat oleh para tim dewan juri yang akan menentukan 10 orang peserta yang akan dipanggil untuk persentasi.

“Ya semuanya bagus-bagus tulisannya. Tapi ini hasil penilaian sementara,” ucapnya.

Sumber (RadarLombok, 16/04/2021)

#ntbgemilang
#ntbsehatdancerdas
#ntbsehat&cerdas
#dikbudntb
#pendidikanntbgemilang
#pendidikanntbmembanggakan
#sekolahkita
#pojokekspresi
#pendidikan
#kebudayaan
#pemprovntb
#beasiswantb
#programbeasiswantb