SMANDA Mataram Semarakkan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Tahun 2022

SMAN 2 Mataram – SMANDA (SMAN 2) Mataram menggelar berbagai kegiatan yang dikemas dalam sebuah acara Pagelaran Budaya 2022 untuk menyambut dan menyemarakkan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022.

Generasi muda saat ini memiliki tanggung jawab besar agar kesatuan dan persatuan Bangsa dapat terpelihara dengan baik. Melalui kegiatan pagelaran budaya dalam momentum hari bersejarah seperti ini diharapkan generasi muda dapat memahami betapa pentingnya nilai-nilai budaya dalam merawat persatuan dan kesatuan.

Kepala SMAN 2 Mataram, Drs. Arofiq, M.M., menyampaikan kegiatan pagelaran budaya ini diawali dengan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya Kompetisi Lioterasi (Komplit) Smanda Tahun 2022 yang diikuti oleh seluruh SMA/SMK/MA sederajat se-pulau Lombok. Komplit diselenggarakan di hari-hari sebelumnya dan sudah diumumkan pemenangnya, maka pada puncak acara ini akan diserahkan hadiah kepada para pemenang.

 

Beliau menambahkan, Komplit 2022 diisi berbagai macam mata lomba seperti membaca dan membuat puisi, pidato, menulis resensi dan debat.

Tidak hanya itu untuk memperkenalkan nilai budaya kepada para siswa/siswi nya dilaksanakan Gelar Budaya  berupa lomba Fashion Show antar kelas dan penampilan berkelompok dari beberapa ekstrakurikuler yang bertemakan budaya lokal dan nasional. Seluruh peserta yang tampil menggunakan pakaian yang bahan - bahannya mengandung nilai budaya. Begitu pula dengan pelaksanaan Upacara Hri Sumpah Pemuda yang diadakan sehari sebelumnya dengan mewajibkan seluruh masyarakat sekolah menggunakan pakaian adat harian dari daerah manapun.

Ini bertujuan agar para siswa mengetahui bahwa masing-masing daerah kita mempunyai adat dan kebiasaan yang berbeda, ini bisa dilihat dari pakaian masing-masing daerah yang tentunya sangat berbeda, "ucap Kasek.

Diakhir wawancara, Kepsek menyampaikan harapan bahwa dari seluruh rangkaian kegiatan dalam momentum hari bersejarah dan bulan Bahasa ini, diharapkan kepada kita semua dan seluruh siswa pada khususnya dapat memahami perbedaan yang ada, mengerti nilai-nilai budaya, serta  motivasi untuk mengisi dan membangun bangsa ini dengan berbagai ide dan kreatifitas dari generasi penerus bangsa