Lomba GEMAR GATRA SMANSAKA

SMA Negeri 1 Kayangan (SMANSAKA) melalui OSIS SMANSAKA menyelenggarakan Lomba Gerakan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (GEMAR GATRA) Tingkat SMAN 1 Kayangan pada hari Kamis hingga Sabtu, 1 – 3 April 2021 di Halaman SMA Negeri 1 Kayangan.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen SMAN 1 Kayangan dalam mendukung program GEMAR GATRA yang telah dicanangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB serta untuk ikut berpartisipasi melestarikan permainan rakyat dan olahraga tradisional di Provinsi NTB. Beberapa jenis permainan yang dilombakan yaitu Engrang, Lari dengan Batok Kelapa dan Tali, Hadang atau dalam istilah Bahasa sasaknya dikenal dengan istilah permainan selodor, kemudian lomba Terompah Panjang dan yang terakhir adalah lomba Bolak Balik Balok.

Permainan rakyat dan olahraga tradisional ini merupakan wadah yang sangat penting bagi siswa–siswi SMAN 1 Kayangan dalam meningkatkan kecintaan mereka terhadap budaya asli nusantara khususnya yang ada di Provinsi NTB. Dalam berbagai jenis permainan dan olahraga tradisional yang dilombakan, terdapat banyak nilai positif dan kearifan lokal yang dapat dipetik dan dimaknai secara mendalam oleh semua peserta lomba maupun siswa lain sebagai penontonnya.

Dengan adanya lomba permainan rakyat dan olahraga tradisional ini, salah satu nilai positif yang dapat dilatih oleh siswa adalah semangat gotong royong dan bekerjasama guna mencapai tujuan Bersama.

Kepala SMA Negeri 1 Kayangan, Ibu Fatmawati, S.Ag., MM., mengungkapkan, kegiatan GEMAR GATRA ini rencananya akan menjadi program rutin di SMA Negeri 1 Kayangan yang pelaksanaannya akan diadakan pasca siswa menjalani Penilaian Akhir Semester maupun Penilaian Akhir Tahun.

Harapannya, melalui kegiatan GEMAR GATRA ini, siswa akan lebih mengenal dan mencintai budaya-budaya Nusantara khususnya Provinsi NTB yang tercermin dalam Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan calon-calon atlet permainan tradisional dari SMA Negeri 1 Kayangan yang kemudian akan ikut berlomba dalam ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB.