Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman Siswa SMAN 1 Sumbawa Besar Ikuti Pembinaan Tahap Pertama YIC 2021

Ajang Young Inventors Challenge (YIC) diikuti negara-negara di Asia, yakni Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, China, Timor Leste dan Indonesia. Ajang YIC diselenggarakan oleh Asosiasi Sains Teknologi dan Inovasi (ASTI) mengharapkan munculnya invention (penemuan) yang memberikan solusi atas permasalahan lokal yang dapat diimplementasikan pada konteks global dengan harapan menjadi benang merah yang dapat ditarik dari karya-karya temuan para pemenang YIC 2021.

Pembinaan Tahap Pertama Young Inventors Challenge (YIC) Tahun 2021 di Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diselenggarakan Senin-Kamis, 29 Maret - 1 April 2021 di Swiss Bell Hotel Pondok Indah Jakarta mengikutsertakan tim Indonesia dalam kompetisi Young Inventors Challenge (YIC) Tahun 2021. Peserta Pembinaan Tahap Pertama dipilih dari para peraih medali Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) tahun 2020. Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman siswa SMAN 1 Sumbawa Besar mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam Delegasi Indonesia di YIC 2021 Kategori Matematika, Sains dan Teknologi dengan Judul Penelitian UVS-Tech (Ultraviolet Storage Technology) sebagai Solusi Memperpanjang Masa Simpan Buah dan Sayur di Tengah Pandemi Covid-19. 

Walaupun melelahkan tetapi bagi Iqbal tetap bersemangat untuk mengikuti setiap Sesi sesuai Timeline Pembinaan yang dilakukan Panitia Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud RI. Pembinaan ini adalah kesempatan emas untuk belajar langsung dengan para pakar penelitian, mempersiapkan diri bersama tim dalam Young Inventors Challenge (YIC) 2021 yang akan diselenggarakan di Malaysia. Materi-materi yang dibahas selama kegiatan antara lain : Gambaran Kegiatan YIC, Review dan tanggapan UVS-Tech (Ultraviolet Storage Technology), Review dan tanggapan Smanu (Smart Nurse), Review Penguatan Peran Ondoafi, Pengarahan Topic Research dan Bagaimana Membuat Desain Penelitian Sesuai dengan Lomba YIC, Pembinaan Bahasa Inggris, Asistensi Penyusunan Abstract Penelitian, Mengumpulkan Abstract dan persyaratan lain yang diperlukan untuk YIC. 

Mari kita dukung dengan memberikan semangat dan motivasi Ananda Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman dalam pembinaan di tahap-tahap selanjutnya untuk memberikan yang terbaik untuk SMAN 1 Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan INDONESIA.